Jangan sepelekan penyakit kulit pada anak remaja

Jangan sepelekan penyakit kulit pada anak remaja

Anak-anak yang memasuki usia remaja nampaknya harus menjaga kesehatannya. Sampai saat ini kesehatan kulit pada anak masih menduduki peringkat yang cukup tinggi. Namun perhatian masyarakat terutama orang tua masih rendah. Penyakit kulit anak dianggap penyakit umum, tidak membahayakan dan sebagian besar pasti bisa sembuh sendiri saat dewasa.

Anak remaja yang tidak bisa merawat dirinya dengan baik, biasanya mudah sekali terjangkit penyakit. Penyakit itu biasanya banyak menyerang pada kulit, mata, bahkan termasuk penyakit dalam. Bicara mengenai penyakit kulit pada anak remaja, salah satu penyakit kulit yang cukup sering menyebabkan komplikasi tersebut adalah koreng, dalam istilah kedokteran sering disebut pioderma. Dijelaskan pada situs mayoclinic.org, penyebabnya penyakit koreng itu antara lain bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus B hemolyticus.

Jangan sepelekan penyakit kulit pada anak remaja

Jangan sepelekan penyakit kulit pada anak remaja

Perlu Anda ketahui, koreng merupakan penyakit berupa gelembung-gelembung kecil berisi air kadang bernanah sedikit, kemudian mengering. Warna kulit menghitam kecoklatan dan sedikit terasa gatal. Biasanya tidak nyeri.

Lokasi yang paling sering adalah wajah, leher, dada, tengkuk, tungkai dan lengan pada anak. Apabila tidak diobati dapat berakibat menimbulkan komplikasi penyakit radang ginjal akut atau penyakit jantung rematik akut. Kedua komplikasi penyakit tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan anak dan remaja.

Tapi jangan khawatir, Untuk mengobati dan mencegahnya, anda perlu menjaga kebersihan kulit dengan mandi memakai sabun, menjaga gizi serta penggunaan salap antibiotik atau obat qnc jelly gamat. Maka dari itu, kebersihan seorang remaja harus selalu terjaga, jika perlu sering-seringlah mengajak buah hati Anda mengkonsultasikan kesehatannya ke dokter secara rutin supaya terhindar dari penyakit , karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Jangan sepelekan penyakit kulit pada anak remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *