Cara melindungi anak dari penyakit di musim hujan

Cara melindungi anak dari penyakit di musim hujan

Sedia payung sebelum hujan itulah pepatah yang sering diucapkan untuk menjaga supaya kita tidak kehujanan dan pepatah itu bisa kita gunakan untuk anak kita jagalan anak-anak dimusim hujan karea musim hujan sangat rentan terhadap penyakit.

Tidak ada orangtua yang ingin anaknya sakit selama musim hujan masih berlangsung. Penyakit di musim hujan seperti flu, leptospirosis, dan demam berdarah termasuk rentan terkena anak-anak bila mereka tidak mendapatkan perlindungan ekstra. Untuk itu, ada beberapa perlindungan agar anak-anak terhindari dari penyakit musim hujan.

  • Vaksin flu

Salah satu cara terbaik untuk menangkal flu adalah dengan vaksin. Pastikan, anak sudah menerima vaksin influenza. Di Filipina dan di negara-negara tropis lainnya, flu dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Namun, flu makin merajalela saat musim hujan tiba.

  • Jaga anak tetap kering

Virus dan bakteri berkembang dalam cuaca basah. Sebaiknya, Anda menjaga agar anak-anak tetap kering selama musim hujan.  Anda bisa melengkapi kebutuhan anak dengan perlengkapan hujan, seperti jas hujan dan payung di tas mereka saat berangkat sekolah. Jika anak basah kuyup, segera keringkan tubuh anak dengan handuk.

  • Jagalah lingkungan bersih

Nyamuk yang membawa virus dengue (demam berdarah) aktif di malam hari. Pastikan menutupi wadah air yang ada di rumah karena air yang tidak  mengalir bisa mengundang nyamuk pembawa demam berdarah.

  • Ajari anak mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan termasuk perlindungan dasar terhadap flu. Luangkan waktu untuk mengajari anak cara mencuci tangan dengan benar. Minimal cuci tangan dilakukan 20 detik. Agar tidak membosankan, Anda bisa membuat suasana menyenangkan dengan menyanyi bersama anak saat mengajari cuci tangan.

  • Sajikan makanan sehat

Sistem kekebalan yang kuat bisa melawan penyakit. Tingkatkan kekebalan anak-anak dengan memberi makanan yang tepat. Sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral bisa melindungi anak-anak dari penyakit. Kuncinya adalah menyajikan makanan secara kreatif sehingga anak akan menikmati tiap gigitan makanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *